Domain Psikomotor dalam Pembelajaran
Baiklah, domain yang terakhir adalah Domain Psikomotor. Domain psikomotor adalah kemampuan yang dihasilkan oleh fungsi motorik manusia yaitu berupa keterampilan untuk melakukan sesuatu. Keterampilan melakukan sesuatu tersebut meliputi keterampilan motorik, keterampilan intelektual, dan keterampilan sosial. Sebuah kegiatan dapat digolongkan sebagai psikomotorik apabila eksekusinya menggunakan gerakan otot tanpa atau menggunakan peralatan. Kemampuan psikomotorik diukur dalam besaran kecapatan, akurasi (ketepatan), jarak, kekuatan dan kelenturan dalam melakukan gerakan sesuai dengan prosedur atau teknik pelaksanaan.
Kegiatan yang termasuk kemampuan psikomotorik diantaranya: keterampilan menggunakan peralatan laboratorium IPA, kursus keterampilan vokasional sepertimenjahit, mengukir, membuat gerabah dan sebagainya; pendidikan olah raga, gerakan beribadah, latihan menggnakan peralatan seperti computer, kamera, alat musik dan seni pertinjukkan seperti menari, melukis dan sejenisnya.
Setelah mengetahui pengertian domain psikomotor, saya akan mengemukakan pendapat saya tentang pertanyaan dosen pengampu saya dalam matakuliah Desain Pembelajaran
Selebihnya adalah, bagaimana cara pandang orang tersebut terhadap objek yang dia lukis, dalam hal ini adalah dirinya sendiri. Dia bisa melukis dirinya dengan perspektif apa yang dia inginkan seperti dalam rupa fisik yang sempurna, dan lain-lain.
Jika ditanya terhadap kemampuan saya sendiri, memang saya tidak berkompeten dalam melukis, jadi jawaban saya terhadap pertanyaan tersebut adalah karena memang saya tidak bisa.
Mohon maaf dalam segala bentuk kata-kata yang saya tuangkan dalam artikel ini, karena sesungguhnya saya hanya bisa berkata tanpa bisa mengulang kata-kata saya dengan sempurna. Dan juga, karena keindahan adalah bagaimana proses kepuasan itu muncul dalam karya yang kita buat. Terimakasih
Dosen Pengampu : Dr., Drs. Robinson Situmorang, M.Pd
Arif Budi Santoso
TP C 2017
1101617002
Kegiatan yang termasuk kemampuan psikomotorik diantaranya: keterampilan menggunakan peralatan laboratorium IPA, kursus keterampilan vokasional sepertimenjahit, mengukir, membuat gerabah dan sebagainya; pendidikan olah raga, gerakan beribadah, latihan menggnakan peralatan seperti computer, kamera, alat musik dan seni pertinjukkan seperti menari, melukis dan sejenisnya.
Setelah mengetahui pengertian domain psikomotor, saya akan mengemukakan pendapat saya tentang pertanyaan dosen pengampu saya dalam matakuliah Desain Pembelajaran
"Apa yang membuat anda tidak bisa melukis diri anda sendiri?"Menurut saya, sehebat apapun keterampilan manusia dalam melukis, pasti dia tidak bisa melukis dirinya secara nyata. Karena dalam pelaksanaannya, pasti orang tersebut dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti estetika, dan aliran-aliran yang menurutnya membuat lukisan itu lebih indah, sehingga lukisan yang dia buat tentang dirinya menjadi tidak realis bahwa itu adalah dirinya.
Selebihnya adalah, bagaimana cara pandang orang tersebut terhadap objek yang dia lukis, dalam hal ini adalah dirinya sendiri. Dia bisa melukis dirinya dengan perspektif apa yang dia inginkan seperti dalam rupa fisik yang sempurna, dan lain-lain.
Jika ditanya terhadap kemampuan saya sendiri, memang saya tidak berkompeten dalam melukis, jadi jawaban saya terhadap pertanyaan tersebut adalah karena memang saya tidak bisa.
Mohon maaf dalam segala bentuk kata-kata yang saya tuangkan dalam artikel ini, karena sesungguhnya saya hanya bisa berkata tanpa bisa mengulang kata-kata saya dengan sempurna. Dan juga, karena keindahan adalah bagaimana proses kepuasan itu muncul dalam karya yang kita buat. Terimakasih
Dosen Pengampu : Dr., Drs. Robinson Situmorang, M.Pd
Arif Budi Santoso
TP C 2017
1101617002
Komentar
Posting Komentar