Aliran Psikologis dalam Pembelajaran
Aliran Psikologi dalam Pembelajaran
1. Aliran Humanisme, yaitu aliran yang mengedepankan kebebasan individu dalam belajar. Dalam aliran ini, guru hanya sebagai fasilitator dan proses pembelajaran berorientasi kepada siswa. Dalam aliran ini juga, siswa yang semakin aktif adalah siswa yang memiliki banyak potensi untuk belajar. Kata kuncinya adalah Kebebasan dan interaksi kepada lingkungan.
2. Aliran Behavioristik, yaitu aliran yang berorientasi kepada perubahan perilaku siswa dengan pengelolaan kondisi belajar, sehingga setiap perubahan harus diamati. Dalam aliran ini, Perubahan perilaku siswa ditandai dengan respon yang mereka berikan setelah mendapat Stimulus dari guru.
3. Aliran Kognitifisme, yaitu aliran yang memiliki orientasi terhadap perubahan struktur kognitif siswa. Dalam hal ini, tingkat perkembangan berpikir siswa dipengaruhi beberapa faktor yaitu, kematangan individual, interaksi dengan lingkungan, dan transmisi sosial (berinteraksi dengan orang lain).
4. Aliran Konstruktifisme, yaitu aliran dengan cara belajar melalui pengalaman yang konkrit, kontekstual, dan bermakna. Disini, siswa berpikir sendiri untuk memahami suatu peristiwa, kemudian berpikir kolaboratif untuk berbagi makna atas peristiwa, dan menghubungkan peristiwa awal dengan pengalaman belajar.
5. Aliran Cibernetik, yaitu aliran yang manusia sebagai pemroses informasi dan pembuat respon yang aktif. Didalamnya juga termasuk cara belajar yang sistematis dan sistemik, serta bagaimana manusia mengorganisasikan apa yang telah diketahuinya.
Dosen Pengampu : Dr., Drs. Robinson Situmorang, M.Pd.
Arif Budi Santoso
1101617002
TP-C 2017
1. Aliran Humanisme, yaitu aliran yang mengedepankan kebebasan individu dalam belajar. Dalam aliran ini, guru hanya sebagai fasilitator dan proses pembelajaran berorientasi kepada siswa. Dalam aliran ini juga, siswa yang semakin aktif adalah siswa yang memiliki banyak potensi untuk belajar. Kata kuncinya adalah Kebebasan dan interaksi kepada lingkungan.
2. Aliran Behavioristik, yaitu aliran yang berorientasi kepada perubahan perilaku siswa dengan pengelolaan kondisi belajar, sehingga setiap perubahan harus diamati. Dalam aliran ini, Perubahan perilaku siswa ditandai dengan respon yang mereka berikan setelah mendapat Stimulus dari guru.
3. Aliran Kognitifisme, yaitu aliran yang memiliki orientasi terhadap perubahan struktur kognitif siswa. Dalam hal ini, tingkat perkembangan berpikir siswa dipengaruhi beberapa faktor yaitu, kematangan individual, interaksi dengan lingkungan, dan transmisi sosial (berinteraksi dengan orang lain).
4. Aliran Konstruktifisme, yaitu aliran dengan cara belajar melalui pengalaman yang konkrit, kontekstual, dan bermakna. Disini, siswa berpikir sendiri untuk memahami suatu peristiwa, kemudian berpikir kolaboratif untuk berbagi makna atas peristiwa, dan menghubungkan peristiwa awal dengan pengalaman belajar.
5. Aliran Cibernetik, yaitu aliran yang manusia sebagai pemroses informasi dan pembuat respon yang aktif. Didalamnya juga termasuk cara belajar yang sistematis dan sistemik, serta bagaimana manusia mengorganisasikan apa yang telah diketahuinya.
Dosen Pengampu : Dr., Drs. Robinson Situmorang, M.Pd.
Arif Budi Santoso
1101617002
TP-C 2017
Komentar
Posting Komentar